Sunday, March 24, 2013

Toilet Kotor Rusak Selera Makan



Jika ada hal yang terlewatkan oleh Anda, bisa jadi itu WC/kamar mandi. Ada yang bilang, kamar mandi mencerminkan kebersihan pemiliknya. Tentu Anda tak ingin dicap jorok bila tamu hendak menggunakan WC Anda, bukan? Bisa dibilang, WC/kamar mandi yang bersih menjadi satu pelayanan tersendiri dari tuan rumah bagi tamunya, walaupun mungkin jarang digunakan. Toilet yang tak bersih bisa mempengaruhimood tamu terhadap hidangan.

Mungkin saja keluar dari kamar mandi, orang langsung menyentuh kudapan atau makanan. Walau tampaknya bersih, tapi WC/kamar mandi bisa menjadi sumber kuman penyebab penyakit, khususnya yang menyerang pencernaan. Karena itu sebelum Lebaran, bersihkan WC/kamar mandi Anda secara menyeluruh, termasuk pula wastafel. Jangan sampai tempat orang mencuci tangan agar bersih dan kuman hilang justru kotor dan banyak kuman. Oya, sebelum menyiram toilet (toilet flushing), jangan lupa menutupnya terlebih dulu agar kuman tidak “melompat” keluar.
Lalu apakah di hidangan Lebaran Anda nantinya ada menu jengkol atau petai? Jika ya dan terlebih lagi akan ada banyak orang yang datang berkunjung bahkan menginap di rumah Anda, bersiaplah. Anda dapat meletakkan pengharum ruangan otomatis di dalam kamar mandi. Ini akan membantu mengurangi masalah bau tak sedap di dalam kamar mandi Anda secara cepat.
Masalah lain yang juga sering dihadapi adalah terpeleset di kamar mandi. Bukan soal itu anak kecil atau bukan, orang dewasa pun bisa saja terpeleset. Problem sebenarnya ada pada lantai yang licin. Mengapa bisa licin? Karena ia selalu basah atau dilalui air dalam kapasitas banyak dan sering. Lantai tidak dibiarkan mengering terlebih dahulu. Jika dibiarkan terlalu lama tidak disikat, lantai akan berlumut, khususnya di bagian nat.
Nah, masih berpikir WC/kamar mandi bukan bagian yang penting untuk dibersihkan? Bersihkan total dengan cairan pembersih kamar mandi. Dengan demikian noda dan kotoran bisa diangkat, aroma kamar mandi lebih segar, dan toilet lebih higienis.
APA SAJA MASALAHNYA?
Masalah umum pada kamar mandi adalah noda sisa kotoran organik (urin, feses, dll), sisa sabun/pasta gigi/krim, jamur, kerak, dan bau tidak sedap pada toilet. Namun ada lagi masalah yang belum banyak disadari oleh kebanyakan orang, yaitu berbagai kuman penyebab penyakit. Misalnya seperti diare, tipus, dan muntaber. Merasa toilet Anda cukup bersih? Jangan salah, berbagai kuman ini bisa terdapat bahkan di toilet yang terlihat bersih sekalipun.
BAGAIMANA CARA MENGATASINYA?
Untuk mengatasi itu semua, bersihkanlah toilet secara teratur, 2–3x seminggu, serta gunakan produk-produk pembersih yang memang dikhususkan untuk membersihkan kamar mandi dan toilet. Cairan pembersih tersebut bisa memecah ikatan pada kotoran dan noda membandel sehingga lebih mudah dibersihkan. Jangan biarkan noda/kotoran menempel terlalu lama. Segera bersihkan. Jika waktu Anda tak banyak, Anda bisa memanggil jasa pembersih WC, termasuk jasa sedot WC.
Namun sebenarnya membersihkan toilet dan kamar mandi cukup mudah. Anda pun bisa melakukannya sendiri. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.
  • Arahkan mulut botol ke bawah lingkaran toilet
  • Diamkan selama 20 menit lalu sikat dan bilas hingga bersih
  • Untuk membersihkan area lain, seperti lantai dan permukaan lainnya, komposisinya adalah 2 tutup botol cairan pembersih : ½ ember air (2,5 liter).
(Swasti Triana Chrisnawati)
Foto: Arif Budiman
---
www.tabloidrumah.com

No comments:

Post a Comment

Rumah123 DotCom - Property Rumah