Tuesday, April 23, 2013

Membuat Desain Pondasi Rumah Yang Kuat


Sebuah rumah yang indah memerlukan desain pondasi yang kuat sehingga tetap dapat berdiri kokoh tanpa mengalami keretakan, kerusakan atau bahkan kerobohan rumah sebagai akibat struktur pondasi yang lemah, Arsitektur rumah yang telah dirancang dengan magah tentu akan percuma jika tidak diimbangi dengan perencanaan pondasi yang sesuai dengan kondisi bangunan, berikut ini urutan perhitungan struktur pondasi rumah.

Penyelidikan tanah dan rencana rumah
Tes tanah digunakan untuk mengetahui jenis tanah pada lokasi yang akan dibangun, pada bangunan bertingkat tinggi juga diperlukan data kedalaman permukaan tanah keras dan muka air tanah untuk merencanakan dimensi dan kedalaman pondasi tiang pancang.

Menentukan tipe pondasi
jenis pondasi yang digunaka sebaiknya sesuai dengan kondisi rumah diatasnya, misalnya untuk rumah satu lantai dapat meggunakan jenis pondasi batu kali, rumah dua lantai perlu penambahan pondasi foot plat tepat dibawah struktur kolom sedangkan untuk bangunan bertingkat tinggi dapat menggunaka pondasi tiang pancang. jenis pondasi juga dipengaruhi oleh kondisi tanah yang akan dibangun rumah apakah termasuk tanah keras atau lunak.

Menghitung beban bangunan rumah
Setelah menentukan jenis pondasi yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah menghitung total bangunan rumah yang aka berdiri diatas struktur pondasi, beban yang dihitung meliputi beban mati seperti berat material bagunan dan furniture, beban hidup seperti berat pekerja, beban angin serta beban gempa juga perlu dihitung agar dapat digunakan sebagai data perhitungan pondasi rumah yang kuat.

Perhitungan dimensi pondasi
Beban bangunan yang didapat kemudian digunakan sebagai dasar untuk menghitung ukuran dimensi pondasi yang kuat, ukuran dipilih sekecil mungkin namun masih kuat menahan struktur rumah, hal dimaksudkan untuk dapat membagun rumah kuat dengan biaya murah.

Menggambar detail pondasi
Setelah proses perencanaan perhitungan pondasi selesai dilakukan maka dilanjutkan dengan proses menggambar desain pondasi sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembangunan, gambar pondasi disertai dengan penjelasan bentuk dan ukuran serta nama material yang digunakan.

Pelaksanaan pekerjaan pondasi rumah
Pembangunan pondasi rumah juga harus dilaksanakan dengan baik agar didapatkan struktur bangunan yang kuat, pegawasan dalam pekerjaan ini meliputi kesesuian ukuran pondasi dengan gambar rencana, pengewasan penggunaan material yang sesuai dengan hasil perhitungan sebelumnya.

Berbagai inovasi dan kreatifitas baru dapat dilakukan untuk membuat desain pondasi rumah yang kuat sehingga keindahan rumah dapat berdiri kokoh dalam waktu lama tanpa mengalami kerusakan akibat kegagalan struktur pondasi rumah...

---

No comments:

Post a Comment

Rumah123 DotCom - Property Rumah