Wednesday, July 26, 2017

4 Persiapan Sebelum Renovasi Rumah





Aset properti berupa rumah adalah sesuatu yang amat berharga. Ini tak lain karena rumah sendiri merupakan harta tak bergerak yang nilainya mahal.
Untuk itu, rumah harus dirawat dengan baik, dan bila mana terjadi kerusakan seperti material sudah usang atau terjadi kerusakan, maka renovasi pun perlu kita lakukan.
Dengan melakukan renovasi, rumah yang terlihat sudah kusam akan tampak seperti baru kembali, sehingga lebih nyaman untuk dihuni.
Baik, langsung saja kita membahas point dari artikel ini.
Berikut ada beberapa langkah yang harus diperhatikan untuk mempersiapkan renovasi rumah.
1.       Menentukan banyak biaya yang dibutuhkan
Sebelum memutuskan untuk melakukan renovasi, tentunya kita harus mengetahui dulu budget yang harus dikeluarkan.
Besar tidaknya biaya renovasi, itu semua tergantung dari jenis renovasi yang anda inginkan, apakah hanya bersifat kecil atau melakukan renovasi besar-basaran.
Agar lebih tepat, sebaiknya berkonsultasilah dengan kontraktor atau arsitek, guna mengetahui dengan pasti berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk renovasi.
Dengan mengetahui budget renovasi, tentu akan memudahkan anda untuk mengambil langkah selanjutnya.

2.       Mempersiapkan dana cadangan
Dalam prakteknya disetiap perancanaan budget, baik ketika membangun rumah atau renovasi, tidaklah bisa 100 persen tepat dengan anggaran yang telah anda perhitungkan sebelumnya.
Untuk itu sebaiknya persiapkan sekitar 30% dari total biaya sebagai cadangan jika ada pembengkakan biaya saat melakukan renovasi.
Dan jangan lupa juga untuk mempehitungkan biaya yang anda butuhkan untuk pindah sementara selama renovasi dilakukan.

3.       Persiapkan sumber dana yang tepat
Nah, jika anda sudah mengetahui total biaya untuk melakukan renovasi, sekarang anda perlu memikirkan sumber dana untuk renovasi tersebut.
Apakah dananya anda ambil dari tabungan anda, pinjaman dari bank, dan lain-lain.

4.       Pembagian anggaran
Jika sudah memiliki dana yang sesuai dengan rencana, pastikan juga untuk membagi anggaran yang dikeluarkan secara tepat.
Perlu untuk mempersiapkan biaya mengurus perizinan, bahan bangunan, biaya jasa renovasi atau kontraktor, finishing, hingga dana untuk cadangan.
Demikianlah artikel 4 persiapan sebelum renovasi rumah. Semoga bermanfaat, dan bisa membantu khususnya bagi teman-teman yang tengah merencanakan renovasi rumah.


No comments:

Post a Comment

Rumah123 DotCom - Property Rumah