Wednesday, March 5, 2014

Investasi Hijau Atur Suhu dengan Jendela

Investasi Hijau: Atur Suhu Dengan Jendela
Investasi Hijau: Atur Suhu dengan Jendela

Mempersiapkan rumah Anda agar siap menghadapi cuaca yang begitu sering berubah bisa membuat tersenyum saat membayar rekening listrik di akhir bulan. Kita sering abai dengan solusi-solusi sederhana yang bisa menghemat dan tanpa pikir panjang memilih solusi jangka pendek yang belum tentu lebih efektif.

 
Dari pada membeli penyejuk ruangan yang mahal, Anda bisa menghemat sekaligus tetap bisa menikmati udara sejuk dengan cerdas mengatur penutup jendela. Bagaimana caranya? Simak penjelasan di bawah ini.
 
Pertimbangkan untuk memasang penutup yang bisa disesuaikan di semua jendela di hunian Anda. Penghuni bisa membuka penutup selama siang hari supaya cahaya alami matahari masuk, sekaligus meminimalkan penggunaan penerangan listrik di dalam rumah saat matahari masih bersinar. Di malam hari atau saat cuaca sedang dingin, penutup jendela akan berperan sebagai alat penyekat kehangatan, agar hunian tidak sedingin udara luar. Jika hunian yang ada di daerah dengan iklim subtropis atau pegunungan yang sejuk memiliki sebuah sistem pemanas dan pendingin, sarankan penghuninya untuk menyesuaikan suhunya agar tetap moderat.
 
Bahan pelengkap jendela ini sering dipasang secara permanen kedinding interior dan rangka jendela sehingga diperlukan bantuan orang berpengalaman untuk melakukannya. 
 
Ada begitu banyak jenis penutup jendela yang tersedia di toko-toko sekarang, seperti tirai, korden, dan sebagainya. Beberapa di antaranya bahkan terbuat dari bahan yang ramah lingkungan. Jika ingin memilih yang berbahan tenun, ada pilihan katun, rami dan lenan.
 
Jika lebih menyukai penutup dari kayu, pilih yang tidak mengandung cat ber-VOC atau tidak mengandung bahan cat yang beracun terutama jika Anda memiliki anak-anak kecil dan hewan peliharaan sehingga kualitas udara dalam ruang tidak tercemar. Temukan sesuatu yang cocok dengan arsitektur bangunan dan menjaga warna agar tetap netral bagi para penghuni.

No comments:

Post a Comment

Rumah123 DotCom - Property Rumah