Friday, May 3, 2013

Tips & 3 Langkah Mudah Buat Rumah Minimalis Tertata Rapih


Menciptakan rumah yang minimalis tidak selalu identik dengan desain menawan yang sarat dengan pola garis dan warna hitam atau abu-abu yang khas, karena esensi utama tujuan pembangunan rumah minimalis sebenarnya bukan dilihat dari “gayanya” melainkan rumah yang mampu menyajikan fungsi sesuai dengan keperluan penghuninya. Rumah minimalis juga tidak harus selalu kecil, bisa juga sebuah rumah yang besar memakai konsep ini selama hanya memiliki fungsi dan dekorasi yang sesuai dengan keperluan penggunanya (tidak berlebihan).

Prinsip utama yang harus diperhatikan untuk menciptakan sebuah rumah minimalis, adalah menjaga agar rumah tersebut selalu rapi dan tidak dipenuhi oleh barang yang tak diperlukan. Seringkali kita kesusahan untuk membereskan rumah dan menyingkirkan barang-barang yang tak terlalu berguna sehingga mereka menumpuk di rumah dan menyebabkan rumah terlihat penuh sesak dan berantakan. Pembuatan sebuah rumah minimalis sesungguhnya ditujukan untuk memudahkan penghuni rumah menciptakan tempat tinggal yang memudahkan kehidupannya. Oleh karena itu penting untuk menjaga rumah minimalis tetap rapi dan simpel, dengan menyingkirkan benda-benda yang tak diperlukan.  Lalu bagaimana cara mudah memisahkan barang berguna dan tak berguna dari rumah sehingga kita bisa bebas dari ancaman barang yang menumpuk? Tips kreatif berikut mungkin bisa membantu Anda.

Gunakan Prinsip 5 Menit Per Hari Per Area

Setiap ingin memulai membereskan rumah, pasti akan sulit dilakukan karena kita langsung memikirkan betapa banyaknya ruang yang harus dibenahi dan ditata ulang untuk menciptakan rumah minimalis. Namun, tak perlu terlalu stress. Dengan meluangkan hanya 5 menit setiap hari untuk berberes, dalam waktu sebulan pasti hasilnya sudah kelihatan. Luangkan 5 menit sehari untuk kamar tidur, esoknya 5 menit untuk kamar mandi, esoknya lagi 5 menit untuk dapur dan begitu seterusnya untuk ruang-ruang lain secara teratur. Jadi tidak perlu terlalu terburu-buru dan nikmati saja prosesnya. Hitung-hitung untuk melatih kebiasaan bersikap minimalis setiap hari.

Bereskan Rumah Anda 5 Menit Perhari dalam Satu Area. Nikmati Prosesnya dan siap-siap Terkejut Ketika Tahu-Tahu Rumah Anda sudah Rapi Seiring Waktu.


Jika Sulit, Singkirkan Hanya Satu Barang Setiap Harinya

Setiap kali ingin menyingkirkan barang yang tak diperlukan, sering kita terjebak pada pemikiran “sepertinya semua barang ini akan diperlukan – suatu hari nanti”. Pemikiran ini mungkin sah-sah saja, namun Anda juga harus memikirkan lagi keputusan Anda tersebut jika nyatanya setelah bertahun-tahun benda tersebut sama sekali tak tersentuh dan hanya sekedar memenuhi space kosong di lemari Anda. Tentunya lebih baik barang itu disingkirkan daripada memenuhi rumah Anda kan?

Singkirkan, Jual atau Sumbangkan Barang yang Tak Diperlukan. Jika berat melakukannya lakukan selama setahun dan berikan satu barang setiap harinya kepada Orang yang Lebih Membutuhkan.

Nah, untuk itulah jika terlalu sulit untuk memilah-milah barang sekaligus dalam satu hari, coba relakan saja perlahan-lahan dengan memberikan hanya satu barang yang paling jarang dipakai setiap harinya ke orang yang lebih membutuhkan. Nantinya perlahan-lahan rumah Anda akan terlihat lebih lapang, tentunya selama Anda tidak tergiur untuk membeli barang baru lainnya yang tidak terlalu diperlukan selama proses. 

Sebaiknya sebelum membeli barang, pikirkan hal berikut seperti “Akankah barang ini akan terpakai setiap hari? Untuk apa akan kugunakan? Dengan harga sekian adakah barang yang lebih penting yang bisa diprioritaskan?”. Dengan cara ini Anda jadi berlatih untuk lebih kritis sebelum membeli sesuatu dan Anda bisa lebih menghemat uang Anda untuk sesuatu yang lebih berguna.

Beri Tanda Barang Yang Sering Dipakai dan Tidak

Sebelum membereskan rumah, Anda bisa menyiapkan kotak-kotak yang diberi label “Dibuang”, “Disumbangkan”, “Dipindahkan” dan lain sebagainya untuk menggolongkan barang-barang Anda. Nah, setiap hari jalankan aktivitas seperti biasa sambil menandai barang mana yang telah dipakai hari itu dan mana yang tidak. Anda bisa menandainya dengan menempelkan label warna atau sekedar mencatat dan menggolongkan pemakaian barang di sebuah buku khusus. Coba lihat setelah beberapa waktu, akan terlihat pola pemakaian barang Anda setiap harinya dan akan terdata barang mana yang sering dipakai dan mana yang tidak dan Anda bisa mulai menempatkannya di kotak-kotak untuk diproses...

Buat Penggolongan Benda Mana Saja yang Harus Dibuang, Disimpan dan Disumbangkan Untuk Mempermudah Proses Merapikan Rumah Menjadi Minimalis
Dengan Hanya Membeli Barang yang Diperlukan, Rumah Akan Terlihat Rapi dan Terorganisir.



Bagaimana? Tertarik untuk menerapkan tips ini? Jika ada cara lain yang menurut Anda lebih efektif dalam menata rapi rumah minimalis bisa juga di share di kolom komentar.

Dapatkan iklan jual beli rumah murah hanya di Rumahku.com, situs properti yang paling mengerti kebutuhan Anda akan kebutuhan rumah dijual. Jika Anda ingin pasang iklan rumah pasang saja di Rumahku.com, dijamin gratis dan mudah penggunaannya....
---
www.Rumahku.com

No comments:

Post a Comment

Rumah123 DotCom - Property Rumah