Friday, May 3, 2013

Desain Mushala Untuk Rumah Anda


Mushala merupakan tempat ibadah yang sangat penting bagi umat Islam. Hal ini dikarenakan ibadah shalat 5 waktu yang diwajibkan bagi yang beragama Islam akan lebih khusyuk jika dilaksanakan di tempat khusus yang hanya diperuntukkan untuk keperluan ibadah. Oleh karena itu banyak dari mereka yang kemudian membangun sebuah mushala kecil di rumah masing-masing lengkap dengan dekorasi pelengkapnya, seperti karpet sajadah cantik, aksen ukiran khas Islam yang unik dan menarik serta lemari khusus untuk penyimpanan kitab suci Al Qur’an dan peralatan shalat. Kadang ada juga rumah yang menyediakan mushala lengkap dengan tempat khusus untuk berwudhu.

Contoh Desain Mushala Sederhana Untuk 1-2 Orang
 
Anda bisa menambahkan Aksesoris Pelengkap Pada Mushala Rumah, seperti Lemari khusus untuk menyimpan Al Qur'an dan peralatan sholat, lukisan bernuansa islami dan karpet sejadah. Anda juga bisa menghias arsitektur ruangan dengan menambah aksen hiasan seperti lampu gantung dan ukiran-ukiran cantik pada gerbang masuk, dinding atau bahkan langit-langit untuk menambah keindahan.



Biasanya desain mushala dibuat sesederhana mungkin, namun tetap dapat menimbulkan atmosfer atau suasana yang tentram dan damai. Oleh karena itu, tak jarang pembuatan mushala dilakukan di dekat elemen eksterior rumah seperti di dekat taman misalnya. Namun, yang harus diperhatikan adalah sebaiknya penempatan mushala didasarkan pada arah kiblat shalat. Selain itu sebaiknya mushala diletakkan dekat dengan ruang-ruang utama pada rumah seperti kamar tidur, ruang tamu atau ruang keluarga. Hal ini penting untuk mempermudah akses ke mushala bagi penghuni rumah maupun tamu yang sedang berkunjung.

Biasanya untuk Mendapatkan Suasana Khusyuk dan Tenang, Mushola rumah Dibuat Semi Terbuka dan Ditempatkan Dekat dengan Eksterior atau Taman Rumah yang Asri. Namun, Jangan Lupa Pertimbangkan Juga Kemudahan Akses Menuju Mushala dari Ruang-Ruang Utama seperti Kamar Tidur, Ruang Tamu dan Ruang Keluarga.



Selain itu usahakan agar sisi arah kiblat dibuat tertutup atau dibatasi dengan partisi besar. Hal ini untuk mencegah terjadinya ketidak-konsentrasian dalam shalat akibat banyak orang yang berlalu lalang. Untuk rumah yang arah kiblatnya miring, tidak perlu membuat mushala yang bentuk bangunannya miring juga. Anda bisa mengakali dengan memiringkan arah karpet sajadah ke arah kiblat yang tepat.

Untuk kapasitas atau luas ideal mushala, jika Anda menginginkan mushala yang bisa dipakai berjamaah hingga 5 orang,  sebaiknya buat mushala dengan ukuran minimal sekitar 8-9 meter persegi. Sebaiknya buat ruang mushala yang memanjang ke belakang dibanding melebar ke samping, hal ini untuk mempermudah pembentukan shaf atau barisan shalat pada ruang mushala dengan luas terbatas.

Jika Anda menginginkan mushala yang bisa dipakai berjamaah hingga 5 orang,  sebaiknya buat mushala dengan ukuran minimal sekitar 8-9 meter persegi.


 
Sebaiknya buat Mushola yang Tertutup agar Konsentrasi Saat Ibadah tidak Terpecah karena Banyaknya orang yang Lalu Lalang di depan Kiblat

 
Anda bisa memberi Aksen atau Penanda Besar pada Dinding (Seperti Replika Kubah atau Lukisan Kaligrafi Bernuansa Islami) untuk Menandakan Bahwa Dinding Tersebut Merupakan Arah Kiblat yang Benar



Bagi Anda yang ingin melengkapi mushala lengkap dengan tempat wudhu, Anda harus memperhatikan benar mengenai arus aliran air. Jangan sampai aliran air keran yang digunakan untuk berwudhu menggenang dan menyebabkan sarang nyamuk. Anda bisa menaruh tumpukan batu-batu koral di bawah keran sebagai media penyerap air. Sedangkan mengenai dekorasi sebenarnya bebas sesuai dengan selera Anda, yang penting jangan terlalu berlebihan. Jika ingin mendapatkan suasana alami Anda bisa menambahkan sedikit sentuhan tanaman-tanaman hias kecil di sekeliling mushala, atau letakkan mushala di dekat taman atau kolam ikan sehingga terdengar gemerisik bunyi air yang menenangkan. Jika taman Anda lumayan luas, Anda juga bisa lho membangun paviliun khusus di tengah taman sebagai mushala. Bagaimana? Tertarik membangun mushala idaman Anda di rumah? Semoga tipsnya membantu.

Jika taman Anda lumayan luas, Anda juga bisa lho membangun paviliun khusus di tengah taman sebagai mushala. Dengan Shalat pada Mushala Paviliun di tengah Taman Pastinya Akan terasa Lebih Damai karena Langsung Bersentuhan dengan Alam Natural Asri di Sekitar Rumah.




---
www.rumahku.com, 

No comments:

Post a Comment

Rumah123 DotCom - Property Rumah