Thursday, April 24, 2014

Desain Kamar Mungil yang Nyaman



Ketersediaan lahan yang sempit dewasa ini memang menuntut kesadaran manusia untuk hidup minimalis. Hal ini berdampak pula pada ukuran hunian yang minimalis. Lahan dan ukuran hunian yang minimalis sebenarnya bukan halangan untuk memiliki rumah yang indah dan nyaman. Setiap ruangan di dalam rumah pun dapat berfungsi sebagaimana mestinya dengan pilihan desain interior yang tepat.
Ruang kamar tidur yang sempit juga tidak lantas menutup kemungkinan terciptanya kamar tidur yang nyaman. Untuk desain kamar tidur mungil sebaiknya hindari penggunaan perabot yang berukuran besar dan jangan dalam jumlah yang berlebihan. Cukup gunakan perabotan secukupnya untuk kamar tidur, misal tempat tidur, lemari pakaian, rak buku yang digantung untuk menghemat ruang, meja dan kursi.
Pastikan Anda dapat memaksimalkan ruang penyimpanan di dalam kamar. Ruang penyimpanan dapat dimaksimalkan dengan memanfaatkan perabot yang Anda gunakan di dalam kamar. Membuat laci di bawah tempat tidur dan rak kecil di bawah meja di ruang kamar Anda merupakan langkah yang tepat untuk memaksimalkan ruang penyimpanan. Ruangan kamar Anda akan tetap terlihat rapi dan tidak perlu memakan tempat lebih untuk lemari penyimpanan.
Jendela dengan ukuran besar dan luas dapat pula Anda hadirkan untuk menambah kesan luas ruang kamar Anda. Adapun jendela yang besar baik pula untuk pencahayaan di dalam kamar Anda, sehingga kamar Anda tidak akan terlihat terlalu gelap dengan ukurannya yang kecil. Jendela yang besar baik pula untuk sirkulasi udara di dalam kamar, sehingga tidak akan terlalu pengap.
Gorden yang panjang menjuntai baik dipilih untuk menutup jendela. Dengan memasang gorden panjang dari langit-langit hingga menjuntai ke bawah akan memberi kesan ruangan luas secara vertikal. Kesan luas secara vertikal memang sering menjadi alternatif untuk memberi kesan luas jika secara horisontal sudah tidak memungkinkan.
Untuk desain kamar tidur mungil, Anda dapat menambah penggunaan karpet di dalam kamar Anda guna menambah kesan luas dan hangat. Perbedaan corak dan motif antara lantai dengan karpet akan memberi kesan ruang yang lebih luas. Lukisan atau foto dengan bingkai kayu yang kontras dengan warna dinding dapat pula Anda pilih sebagai hiasan di dinding. Namun, tentu akan lebih baik ukuran lukisan dan foto yang dipilih tidak terlalu besar untuk menghindari kesan penuh di dalam kamar mungil Anda.
Memang akan lebih menyenangkan untuk dilihat jika tempat tidur berada di tengah. Akan tetapi, untuk desain kamar tidur mungil tempat tidur sebaiknya diposisikan merapat ke dinding untuk menambah ruang kosong di sisi yang lain. Sisa ruang di samping tempat tidur dapat dimanfaatkan untuk meletakkan meja kecil atau perabot yang lain.

---
http://blog.propertykita.com/

No comments:

Post a Comment

Rumah123 DotCom - Property Rumah