Monday, March 18, 2013

Cara Membersihkan Peralatan Dapur


Bagaimana.. Cara Membersihkan Peralatan Dapur..?

Dapur adalah bagian ruang dari rumah yang sangat penting dan vital. Di dapur tentu banyak peralatan yang sering digunakan untuk keperluan memasak dan peralatan makan lainnya. Wilayah kekuasaan wanita ini kadang terlihat kotor, berbau dan tidak sedap dipandang mata, apalagi kalau melihat perabotan dan peralatan dapur yang kotor  . Berikut ini ada beberapa cara praktis dan mudah seputar membersihkan perlengkapan dan peralatan dapur.


Cara menghilangkan noda teh dan kopi di gelas

Jika anda penggemar teh dan kopi dapat dipastikan gelas atau cangkir anda meninggalkan bekas minuman favorit anda. Menghilangkan noda teh dan kopi hanya dengan bantuan sabun pencuci piring memang agak susah dan merepotkan. Ada cara yang mudah, praktis dan hemat untuk mengembalikan gelas atau cangkir anda kembali bersinar dan tidak kusam.
Caranya : Siapkan jeruk nipis, garam dan gula pasir. Peras jeruk nipis dalam gelas yang bernoda campurkan setengah sendok teh gula pasir dan garam. Gosok-gosokan noda teh dengan menggunakan sabut cuci piring hingga noda menghilang.
noda teh dan kopi dapat dihilangkan dengan campuran jeruk nipis, gula pasir dan garam

Cara untuk membersihkan bak cuci piring

Sink bak cuci piring seringkali menjadi tempat yang sangat kotor, berminyak dan tidak steril, meskipun sudah dicuci dengan cairan pembersih piring. Untuk hasil maksimal gunakan cuka untuk membersihkan bak cuci piring agar terbebas dari kotoran, minyak, lumut dan noda-noda.
Caranya : Tuangkan beberapa tetes (banyak juga boleh) cuka diatas permukaan bak cuci piring yang ingin dibersihkan. Gosok-gosok menggunakan busa yang kasar tanpa menggunakan sabun. Cuci bersih setelahnya, sink akan kembali bersih kesat dan bebas dari minyak.
cuka berguna untuk membersikan sink agar kembali bersinar dan kesat

Cara cepat mencuci blender

Kadang kita malas untuk mencuci blender setelah membuat jus segar, biasanya kita merendamnya dengan air dan mencucinya dilain waktu. Ada cara cepat, praktis dan mudah mencuci blender.
Caranya : Setelah blender digunakan, isi kembali blender dengan air dan beberapa tetes cairan atau sabun pencuci piring, kemudian letakkan kembali blender diatas motor penggeraknya. Hidupkan blender selama kurang lebih 30 detik, dan bilas untuk hasil akhir. Blender anda kembali bersih.
tips mencuci blender dengan mudah dan praktis

Cara membersihkan tempat sampah dapur

Tempat sampah dapur adalah benda yang sangat kotor, penuh dengan kuman dan bakteri. Meskipun kita sudah melapisnya dengan plastik namun terkadang plastik yang kita letakan pada tempat sampah tersebut lubang karena tertusuk benda yang ada didalamnya (seperti duri ikan, tusuk sate dll) dan meninggalkan kotoran atau cairan sisa-sisa makanan dan menggendap di dasar tempat sampah. Memberihkan tempat sampah tidak begitu sulit, caranya dengan menggunakan baking soda.
Caranya : Tuangkan baking soda dalam tempat sampah atau diatas sikat untuk membersihkannya. Gosok dan sikat tempat sampah, dapat diulangi dengan menggunakan sabun untuk hasil maksimal.
baking soda berguna untuk membersihkan tempat sampah di dapur

Cara mencuci serbet makan

Terkadang kita malas untuk mencuci lap atau serbet makan dan memilih membuangnya kemudian membeli yang baru. Mencuci lap makan yang kotor, penuh noda dan minyak tidaklah sukar.
Caranya : Kumpulkan lap makan yang ingin dicuci dalam ember atau wadah tahan panas, tuang deterjen pencuci pakaian dan siram dengan air panas (lebih baik jika terendam semua). Tunggu hingga dingin, kemudian cuci dan bilas hingga kembali bersih.
tips mencuci lap/serbet agar kembali bersih

Cara membersihkan kotoran disela-sela ubin

Lantai dapur, bagian bawah kompor, dinding dapur atau seluruh bagian dapur yang tertutup keramik pasti meninggalkan residu kotoran disela-sela (nat) keramik berupa noda, sisa-sisa minyak dan makanan yang menumpuk. Cara mebersihkannya adalah dengan menggunakan skrap (alat bangunan/pertukangan) yang biasanya untuk mengerok tembok.
Caranya : Kerok nat keramik yang kotor dengan menggunakan skrap, hingga kotoran terangkat, lalu bersihkan dengan lap basah atau kering.
gunakan skrap untuk membersihkan sela-sela dinding, lantai dapur

Cara membersihkan bagian bawah panci dan wajan

Bagian bawah wajan dan panci kerap sulit dibersihkan, apalagi wajan yang kerap meninggalkan sisa-sisa minyak sehingga mengerak dan sulit untuk dibersihkan dengan spon atau sabut cuci piring. Ada cara mudah untuk membersihkan pantat wajan dan panci.
Caranya : Gunakan sikat gigi bekas kemudian tuang beberapa tetes cairan pencuci piring kemudian sikat-sikat, bilas hingga bersih.



tips membersihkan bagian bawah wajan dan panci 



"The kitchen is the living room portion of the house is very important and vital. In the kitchen is certainly a lot of equipment that is often used for cooking and other utensils. This woman's territory sometimes look dirty, odorless and eye-catching, especially if you look at the furniture and kitchen utensils were dirty. Here are some practical and easy way around cleaning supplies and kitchen equipment"
---

No comments:

Post a Comment

Rumah123 DotCom - Property Rumah