Thursday, March 28, 2013

Shade Sail, Kanopi Ringan Melayang


Struktur tarik seperti tenda ternyata bisa juga diterapkan untuk penutup carport. Lebih terasa modern dan beda dari yang biasa.
Carport berukuran 3 m x 5 m ini tadinya kosong, tanpa penutup atap. Sang pemilik ingin penutup atap yang berkesan ringan, namun menarik dan tidak merusak tampak bangunan yang sudah indah. Pergola beratap kayu ataupun dari bahan polycarbonat baginya sudah terlalu umum, dan tidak cocok dengan keinginannya.
Nah, pilihan akhirnya jatuh pada shade sail, kanopi berbentuk tenda yang dibuat dari bahanpolyethylene (sejenis bahan plastik) yang berporos. Shade sail ini memang tidak bisa menahan hujan, tapi cukup efektif untuk menahan panas matahari karena telah dilengkapi anti-UV. Selain itu, bahannya ringan sehingga tidak perlu struktur yang terlalu rumit.
Komposisi Cantik
Lucunya, sang tetangga—yang rumahnya mirip—dibuatkan juga. Ini malah menghasilkan komposisi yang lebih menarik. Tiga lembar shade sail diletakkan bersusun dengan warna yang berbeda. Shade sail paling atas—yang berwarna coklat—diletakkan untuk menutupi area “bolong” di atas tembok pembatas dengan tetangga.
Komposisi, letak, dan warna shade sail ini bisa tergantung selera kita. Namun yang penting adalahshade sail harus dipasang agak miring, agar air dan kotoran bisa jatuh dengan mudah. Biasanya bagian yang dekat dengan dinding rumah dibuat lebih tinggi, agar air bisa jatuh ke halaman atau ke bagian depan rumah.
Bentuk Bebas
Menurut Subiyanto (PT. Wahana Tirta Leisure—distributor shade sail), shade sail memiliki dua bentuk standar yaitu segitiga dan segiempat. Namun bukan berarti bentuk akhirnya hanya segitiga dan kotak. Beragam bentuk bisa dihasilkan, tergantung cara menarik ujung kanopi ini.
Ukuran standar yang sudah tersedia adalah 3 m x 3 m, 3,6 m x 5 m, 5 m x 5 m, dan 5,4 m x 5,4 m. (rma)
FOTO: TNR

---
http://www.tabloidrumah.com
www.shadecomforts.com 

No comments:

Post a Comment

Rumah123 DotCom - Property Rumah